Assalamu'alaikum wr. wb.

Ahlan wa sahlan... Silahkan dibaca, semoga bermanfaat dan tulis komentarnya ya....

Sabtu, 10 Maret 2012

Makna dari QS:91:8 ( Asy-Syams )

Allah swt berfirman :

فألهمها فجورهاوتقواها  "Maka Dia mengilhamkan kepadanya jalan kejahatan dan ketakwaan." 
Yakni memberi penjelasan kpd jiwa itu, mana jalan menuju kejahatan dan mana jalan menuju ketakwaan. Maksudnya Allah menampakan hal itu kpd jiwa tersebut dan memudahkannya kpd apa yg telah Dia tetapkan untuknya. 

Ibnu Abbas RA menafsirkan ayat, "Maka Dia mengilhamkan kpdnya jalan kejahatan dan ketakwaannya," yakni Allah menjelaskan kpd jiwa itu tentang kebaikan dan kejahatan. Juga Mujahid, Qatadah, Adh-Dhahak dan Ats-Tsauri menafsirkannya demikian. 

Sa'id bin Jubair berkata: Maksudnya Allah mengilhamkan kpd jiwa itu kebaikan dan kejahatan." Ibnu Zaid berkata, "Allah menanamkan kejahatan dan ketakwaan didlm jiwa."

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Abul Aswad Ad-Daili, ia berkata: "Imran bin Hushain bertanya kpdku, menurutmu apa makna perbuatan yg dilakukan oleh manusia ? Sementara mereka berusaha keras melakukannya. Apakah perbuatan itu merupakan sesuatu yg telah ditetapkan atas mereka ? Yakni merupakan takdir yg mendahuluinya dan telah berlaku atas mereka ? Ataukah hal itu merupakan akibat dimasa datang disebabkan sikap mereka, sementara hujjah telah ditegakkan kpd mereka ? 

Aku menjawab : Hal itu merupakan sesuatu yg telah ditetapkan ( oleh Allah swt ) atas mereka.
Ia bertanya : Jika demikian bukankah hal itu merupakan sesuatu kezhaliman ( yg Allah swt lakukan ? )

Abul Aswad berkata : Aku sangat terkejut dgn pertanyaannya tersebut."
Abul Aswad berkata : Aku bertanya kpdnya, Tidak ada sesuatupun melainkan Allah telah menciptakannya dan menguasai perkaranya. Dia tdk ditanya tentang apa yg Dia perbuat, tapi merekalah yg akan ditanyai (tentang apa yg mereka perbuat).

Imran berkata : Semoga Allah menunjukkan jalan yg benar kpdmu, aku bertanya demikian kpdmu hanya untuk menguji pemahamanmu. Seorang laki-laki dari Muzainah atau Juhainah datang kpd Rasulullah saw, seraya berkata, Ya Rasulullah, menurut anda, apakah segala yg dilakukan oleh manusia dan mereka berusaha keras padanya merupakan sesuatu yg telah ditetapkan atas mereka dan takdir yg telah mendahului dan berlaku atas mereka ? Ataukah hal itu merupakan akibat ( dimasa datang ) disebabkan sikap mereka terhadap apa yg diberikan oleh Nabi mereka kpd mereka, sementara hujjah telah ditegakkan kpd mereka ?
Beliau menjawab :
بل شئ قد قضي عليهم 
" Hal itu adalah sesuatu yg telah ditetapkan oleh Allah swt atas mereka."

laki-laki itu bertanya, lalu apa gunanya kita beramal ? Beliau menjawab: "Siapa yg diciptakan الله untuk salah satu dari dua tempat (surga dan neraka ) maka dia mempersiapkannya untuk salah satu dari dua tempat tersebut. Hal ini sesuai dgn firman الله " Demi jiwa serta  penyempurnaannya. Maka dia mengilhamkan kpdnya jalan kejahatan dan jalan ketakwaan.

Tafsir Ibnu Katsir QS:91:8 
Ahmad no 19936 
Muslim no 2650  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar